Jumat, 12 April 2013

Laporan Praktikum DDIT Acara 5



Laporan Praktikum Dasar Dasar Ilmu Tanah
Acara 5
Distribusi Ukuran Partikel Dan Tekstur




DI SUSUN OLEH :
NAMA                 : DIAH KARTIKA SARI
NPM                    : E1J011078
CO-ASS               : - ATRI NOPRI JAYANTI
                                                            -HENRI GUNAWAN
SHIFT/TANGGAL:KAMIS/JAM 08.00







LABORATORIUM ILMU TANAH
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2012
BAB I
Pendahuluan

1.1  Latar Belakang
Distribusi ukuran partikel adalah parameter dari distribusi partikel-partikel primer dari dalam contoh tanah. Partikel-partikel tanah mencakup sebaran yang sangat besar, mulai dari batu (>0,2m) hingga liat (<2µm). namun partikel-partikel yang dikategorikan sebagi bahan pembentuk tanah adalah yang berukuran <2mm dan dibagi menjadi tiga kelompok utama : pasir, debu, dan liat. Batasan ukuran dari ketiga fraksi tersebut sangat tergantung pada sistim klasifikasi yang digunakan sebagai mana yang terlihat dalam tabel berikut
Fraksi
ISSS
USDA
MIT dan BSI
Liat
< 2
< 2
< 2
Debu
  Halus
  Sedang
  Kasar
2 – 20
-
-
-
2 – 50
-
-
-

2 – 6
6 – 20
20 – 60
Pasir
  Sangat halus
  Halus
  Sedang
  Kasar
  Sangat kasar


20 – 200
-
200 – 2000
-

50 – 100
100 – 250
250 – 500
500 – 1000
1000 – 2000

-
60 – 200
200 – 600
600 – 2000
-
Batu
> 2000
> 2000
> 2000
Keterangan :
ISS          = International Society of Soil Science
USDA     = United States Department of Agriculture
MIT        = Massachusetts Institute of Technology
BSI         = British Standards Institute
Penetapan distribusi ukuran partikel tanah pada prinsipnya terbagi menjadi dua tahap yaitu disintegrasi agregat menjadi partikel-partikel primer dan pengukuran distribusi ukuran partikel-partikel yang sudah terdispersi tersebut. Disintegrasi partikel dimaksudkan untuk melepaskan ikatan – ikatan, terutama oleh bahan organic dan seskuioksida(senyawa Al dan Fe). Pengukuran distribusi ukuran partikel dilakukan dengan menetapkan konsentrasi padatan di dalam suspense secara berkala setelah suspense tersebut dibiarkan mengendap beberapa saat.
Penetapan distribusi ukuran partikel dan tekstur tanah dilakukan dengan menggunakan berbagai metode. Metode yang paling umum diginakan adalah metode Hydromeeter dan Metode Pipet. Kedua metode tersebut menggunakan prinsip pengukuran konsentrasi partikel di dalam suspense. Keuntungan metode hydrometer adalah cepat dan mudah dilaksanakan, sedangkan metode pipet memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Selain dari kedua metode tersebut juga dikenal metode Sedigraph, dimana seberkas sinar dipancarkan melewati suspensi dan ditangkap oleh suatu sensor. Semakin banyak sinar yang tertangkap oleh sensor berarti semakin halus partikel dalam suspense.



1.2Tujuan Praktikum
1.      Menetapkan distribusi ukuran partikel tanah
2.      Menetapkan kelas tekstur tanah




























BAB II
Tinjauan pustaka

Penetapan distribusi ukuran partikel tanah pada prinsipnya terbagi menjadi dua, yaitu :
1.      Disintegrasi agregat menjadi partikel-partikel primer
2.      Pengukuran distribusi ukuran partikel-partikel yang sudah terdispersi tersebut
Disintegrasi partikel dimaksud untuk melepaskan iktan-ikatan, terutama oleh bahan organic dan sequioksida (senyawa Al dan Fe). Pengukuran distribusi ukuran partikel dilakukan dengan menetapkan kosentrasi padatan di dalam suspensi secara berkala setelahsuspensi tersebut dibiarkan mengendap beberapa saat (penuntun Praktikum DDIT : 2006).
Tekstur tanah menggambarkan persentase (berdasarkan berat) dari ketiga komponen penyusun fraksi mineral tanah yakni pasir (sand), debu (silt), dan liat (clay). Ketiga fraksi tanah ini dibedakan satu sama lain oleh diameter partikel-partikel yang bersangkutan. Bagi partikel yang berbentuk tidak bulat dianggap memiliki diameter yang sama dengan rata-rata antara ukuran maksimum dan minimum (Suhardi : 2000)
Penetapan distribusi ukuran partikel dan tekstur tanah dilakukan dengan menggunakan berbagai metode. Metode yang paling umum digunakan adalah metode Hydrometer dan metode pipet. Keuntungan metode Hydrometer adalah cepatdan mudah dilaksanakan, sedangkan metode pipet memiliki ketelitian yang tinggi. Selain dari kedua metode tersebut juga dikenal metode Sedigrap, dimana seberkas sinar dipancarkan melewati suspensi dan ditangkap oleh suatu sensor. Semakin banyak sinar yang tertangkap oleh sensor berarti semakin halus ukuran partikel yang ada didalam suspensi (penuntun praktikum DDIT : 2006)
Tekstur tanah adalah perbandingan nisbi pisahan-pisahan yang menyusun suatu volume masa tanah. Pisahan yang dianggap sebagai penyusun tekstur tanah hanya terbatas pada lempung, debu, dan pasir. Pisahan pasir terdiri dari kuarsa, pecahan relspar, mika dan juga sirkon, turmalin dan hornbilende. Pisahan debu terdiri dari kumpulan pisahan dengan ukuran antara pasir dan lempung. Pisahan lempung terdiri dari pelikan-pelikan hasil pelapukan batuan. Berdasarkan kelas tekstur tanah di kelompokkan lagi menjadi 12 kelompok yaitu pasir, pasir berlempung, lempung berpasir, lempng, lempung berdebu, debu, lempung berliat, lempung liat berpasir, lempung liat berdebu, lat berpasir, liat berdebu dan liat ( Poerwowidodo, 1992 ).
Tekstur tanah merupakan dasar dari kebanyakan sifat-sifat tanah. Susunan menurut besarnya butir-butir suatu jenis tanah bisa dilihat pada grafik segitiga diagram 3. Menurut besarnya tersusun dari butir-butir pasir 60 %, lempung 15 %, dan liat 25 %.
Tekstur tanah adalah perbandingan reletif dari berbagai golongan besar partikel tanah dalam suatu masa tanah, terutama perbandingan antara fraksi-fraksi liat, debu dan pasir. Tekstur tanah turut menentukan tata air dalam tanah, yaitu berupa kesepatan infilterasi, penetralisasi dan kemampuan pengikatan air oleh tanah, untuk menentukan apakah akan terjadi aliran oleh tanah tersebut, yaitu :
1.      Kapasitas infilterasi, yaitu kemampuan tanah untuk meresapkan air, diukur dama mm setiap satuan waktu
2)      Permeabilitas dari lapisan tanah yang berlainan, yaitu kemampuan tanah untuk melalukan air atau udara kelapisan bawah profil tanah, (Saifuddin Sarief, 1985).
Pisahan pasir terdiri dari kuarsa, pecahan felspar, mika dan kdang juga disrkon, turmalin dan hornblende. Pisahan pasir mempunyai matra nisbi seragam dengan bentuk membulat yang permukaan luarnya sering kasar. Pisahan debu terdiri dari kumpulan pisahan dengan ukuran dan antara pasir dan lempung. Gtra fisis-mine logisnya pasir tetapi ukurannya lebih kecil. Luas persatuan masanya lebih besar dan sering dilapisi lempung yang terrap kuat. Pada kasus tertentu, pisahan ini memperlihatkan peragai fifikokimiawi, lempung. Pisahan lempung terdiri dari pelikon-pelokon hasil pelapukkan batuan.pada bagian lempung yang kasar ( Karto Sapoetra, 1991 ).
Tekstur tanah adalah salah satu sifat tanah yang sangat menentukan kemampuan tanah untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Tekstur tanah akan mempengaruhi kemampuan tanah menyimpan dan menghantarkan air, menyimpan dan menyediakan hara tanaman. (Titiek islami dan Wani hadi utomo).













BAB III
Metodologi


3.1  Alat dan Bahan
Contoh tanah yang telah dihaluskan, mikser elektronik, silinder 1L, beaker 600mL, Timbangan, Oven, Calgon 5%, amyl alkohol, dan aquades

3.2  Cara Kerja
1.      Menimbang 50 gram tanah (Wt) dan memasukkan ke dalam beaker 600ml, menambahkan 250 ml aquades dan 100 ml calgon 5% dan membiarkan contoh tanah tersebut terendam selama 1 malam.
Jumlah contoh tanah yang dibutuhkan sebenarnya tergantung pada tekstur tanah itu sendiri. Untuk tanah bertekstur halus (debu atau liat) 10 sampai 20 gram sudah cukup, sedangkan untuk tanah berpasir dibutuhkan 60 sampai 100 gram untuk memperoleh hasil yang akurat.
2.      Memindahkan suspense ke silinder sedimentasi dan menambahkan aquades hingga mencapai volume 1 L
3.      Mendiamkan suspensi beberapa saat sampai suhunya konstan, lalu catat suhu tersebut(TJ)
4.      Memasukkan 100 ml larutan calgon 5% ke dalam silinder sedimentasi kapasitas 1 L dan menambahkan aquades dengan suhu ruang hingga mencapai L
5.      Menimbang 10 gram duplikat contoh tanah dan menentukan kadar lengasnya (La) dengan mongering ovenkan pada suhu 105o C selama satu malam
6.      Memindahkan contoh tanah yang telah diberi calgon ke bejana disperse dan diaduk selama 5 menit dengan mixer elektronik
7.      Mengaduk larutan secara merata denganalat pengaduk yang digerakkan naik turun dan mencatat suhunya
8.      Larutan blangko ini akan digunakan untuk mengoreksi pembacaan hydrometer pada suspense contoh tanah, dan pembacaan pada kedua larutan tersebut harus dilakukan secara bersamaan

9.      Memasukkan alat pengaduk ke dalam silinder dan mengaduk isinya secara merata denganmenggerakkan alat tersebut naik turun. Mula-mula gerakkan alat tersebut naik turun dengan kuatagar sedimen yang ada di dasar silinder terangkat. Akhiri pengadukan dengan dua atau tiga gerakan yang perlahan . tambahakan satu tetes amyl alcohol bila permukaan suspense ditutupi buih.
10.  Segera setelah pengadukan selesai, memasukkan hydrometer ke dalam suspense sdan baca berkala setelah 30 detik(R1). Pembacaan ini menunjukkan kandungan liat +debu di dalam suspense. Keluarkan hydrometer, cuci, keringkan dengan kain bersih lalu masukkan larutan blanko. Baca dan catat skalanya(RL1)
11.  Ulangi pembacaan setelah 24jam (suhu, T2, hydrometer suspense,R2,dan blanko,RL2). Pembacaan ini digunakan untuk menghitung kandung liat dalam suspense.
12.  Setelah pembacaan 24 jam tumpahkan sedimen dan suspense di dalam silinder ayakan bermata saring 53 µm. cucilah sedimen dengan menggunakan botol semprot atau air ledeng hingga hanya pasir yang tertinggal.
13.  Pindahkan pasir ke cawan, kering ovenkan pada suhu 105OC dan timbang (Wp). Hitung fraksi pasir dengan persamaan :

Dimana :
Wp       = Berat fraksi pasir yang tertampung di ayakan 53 µm
La         = Kadar lengas contoh tanah kering angin
Wt        = Berat total contoh tanah kering angin          














BAB IV
HASIL PENGAMATAN

A.     Tabel hasil pengamatan penetapan distribusi ukuran partikel dan tekstur tanah (2 mm)
Sampel
R1
RL1
T1
R2
RL2
T2
%Pasir
%Liat
%Debu
La
Tekstur
Top Soil
18
-
27,6
10
-
28,6



0,11
Sandy Loam
Sub Soil
30
-
27,6
22
-
28,4



0,086
Clay Loam
Blanko
-
2,0
28,5
-
2,0
28,5
-
-
-
-
-

B.     Perhitungan
1)      Perhitungan Persentase Pasir Dalam Tanah
ü  Perhitungan Pada Lapisan Top Soil
                                    
           
ü  Perhitungan Pada Lapisan Sub Soil
                                    %




2)      Perhitungan Pesentase Liat Dalam Tanah
ü  Perhitungan Pada Lapisan Top Soil
                        

ü  Perhitungan Pada Lapisan Sub Soil
                                                     %

3.   Perhitungan Persentase Debu Dalam Tanah
ü  Perhitungan Pada Lapisan Top Soil
                              58,57447,924
                                                               =89,35%
                                                            

ü  Perhitungan Pada Lapisan Sub Soil
                                      = 100 –93,393-50           
                                               =100-43,393
                                      =56,607%





C.PEMBAHASAN

            Pada percobaan, pengamatan dan perhitungan yang telah praktikan lakukan terhadap tanah pada lapisan tanah Top Soil dan lapisan tanah Sub Soil yang disaring pada saringan tanah 2 mm, didapat bahwa kadar persentase pasir pada lapisan top soil adalah 58,574 % dan pada lapisan sub soil adalah sebesar 93,393 % disini tampak perbedaan kadar pasir yang cukup tampak, ini membuktikan bahwa kadar atau persentase pasir pada lapisan top soil lebih banyak dibandingkan dengan kadar pasir pada lapisan sub soil. Ini bisa dikarenakan terjadinya iluviasi atau penimbunan dari lapisan atasnya yang banyak mengandung pasir, atau bisa dikaerenakan karena terjadi oleh pengkikisan dari bebatuan, sehingga lapiosan top soil lebih banyak kadar pasirnya.
            Untuk kadar atau persentase tanah liat dalam tanah, setelah praktikan melakukan perhitungan, didapat bahwa kadar atau persentase tanah liat pada lapisan top soil adalah 47,924 % dan pada lapisan top soil adalah 50,00 %. Hasil ini menunjukkan bahwa kadar atau persentase tanah liat pada lapisan top soil lebih sedikit dibandingkan dengan kadar atau persentase tanah liat pada lapisan sub soil. Hasil ini juga sama pada buku panduan yang praktikan gunakan bahwa kadar tanah liat pada lapisan sub soil lebih banyak jika dibandingkan dengan kadar tanah liat pada lapisan top soil. Hal ini bisa disebabkan oleh penimbunan atau ilviasi, dan juga karena ukuran dari tanah liat relative lebih kecil dari pasir sehingga pada lapisan atas lebih didominasi oleh pasir.
            Pada perhitungan persentase debu, didapat bahwa persentase debu pada lapisan top soil adalah 89,35 % dan untuk lapisan sub soil adalah 56,607 % dengan perhitungan 100 dikurangi persentase pasir lalu dikurangi lagi dengan persentase liat. Hasil yang didapat  menunjukkan bahwa kadar atau persentase debu pada lapisan top soil lebih banyak dari pada yang terdapat di lapisan sub soil. Hal ini bisa diswbabkan oleh angin, sehingga debu lebih banyak bergerak dan berterbangan dan tetap banyak terdapat pada lapisan top soil, dan juga dikarenakan debu sulit untuk mengendap, karena lebih mudah tertiup angin.             Pada lapisan tanah topsoil dan subsoil ini ternyata terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara perbandingan pasir, liat dan debu.Tanah dengan lapisan pasir yang tinggi sangat mudah untuk melepaskan air sehingga tidak baik untuk pertanian Sedangkan menurut sapoetra dalam bukunya konservasi tanah dan air bahwa tanah yang baik untuk pertanian adalah tanah yang perbandingan debu dan liatnya adalah seimbang ( perbandingannya tidak terlalu jauh ).



BAB V
KESIMPULAN

Dari hasil pengamatan dan percobaan pada distribusi ukuran partikel dan tekstrur, maka dapat disimpulkan bahwa :
ü  Tanah dengan kandungan pasir yang tinggi lebih mudah untuk melepas air dan sebaliknya jika kandungan liat yang tinggi lebih sulit melepas air.
ü  Perbedaan komposisi tanah berarti berbeda pula tekstur dan akan berbeda pula kesuburan tanah serta kemampuan daya serap tanah.
ü  Lapisan tanah topsoil dan subsoil memilki tekstur tanah yang sam yaitu bertekstur pasir (sand)
ü  Tanah yang baik untuk tanaman adalah tanah yang memiliki perbandingan pasir, liat dan debu yang tidak terlalu besar
ü  Untuk menentukan % pasir digunakan rumus :
            % Pasir  = 100 - {(R1 – RL1) + 0,36 ( T1-20 ) } x ( 100 + La )
                                                       Wt
ü  Untuk menentukan % liat digunakan rumus :
            % Liat   = {(R2    RL2) + 0,36 ( T2 - 20 ) } x ( 100 + La )
                                                       Wt
ü  Untuk mencari % debu menggunakan rumus :
            % debu = 100 - % pasir - % liat















                                      DAFTAR PUSTAKA

Isa Darmawijaya. 1992. Klasifikasi Tanah. Gajah Mada University press: Yogyakarta
Karto Sapoetra. 1991. Teknologi Konservasi Tanah dan Air. PT Riko cipta: Jakarta
Poerwidodo, 1992. Metode Selidik Tanah. Usaha Nasional : Surabaya
Saifuddin, Sarif. 1985. Konservasi Tanah dan Air. Bandung : CV. Pustaka buana.
Tim penyusun. 2006. Penuntun Praktikum Dasar-Dasar Ilmu Tanah. UNIB : Bengkulu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar